Skip to main content

Cara ternak ikan louhan

Foto by sariniaquarius.blogspot.com











Foto by sariniaquarius.blogspot.com












Foto by sariniaquarius.blogspot.com




















Siapa yang tak kenal dengan ikan louhan? banyak di antara kita sudah mengetahui ikan jenis satu ini. Ikan Louhan dikenal sebagai hewan peliharaan dalam akuarium yang memiliki sisik menarik serta sedap untuk di pandang mata, selain itu benjolan (disebut juga benjol kelam) atau nonong menjadi daya pikat dan ciri khas dari ikan ini.

Hewan satu ini memiliki habitat asli dari Malaysia dan Taiwan, akan tetapi kindahan ikan satu ini membuatnya terkenal dan di peliharan hingga di seluruh penjuru dunia.

Ikan Louhan pernah menjadi primado, naik daun, serta hits (populer) pada eranya, yaitu di tahun 2000 – an, hingga para pecintanya tak segan mengeluarkan uang dari kantongnya dengan harga ratusan ribu hingga puluhan juta demi meminang satu ekor ikan louhan. Kendati saat ini ikan louhan tak seternar pada waktu jaman jayanya dulu, namun ikan ini tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Tak jarang ikan ini masih banyak yang mencari untuk digunakan sebagai ikan hias atau pun ikan pembawa keberuntungan.


Ikan hias semakin di sukai dan di jadikan hobi yang semakin pencintai oleh pencinta ikan hias,pelihara ikan yang cantik bukan hanya membuat ruangan semakin nyaman dan menarik tapi juga membuat kita merasa betah berada di rumah.
Menghilangkan kan jenuh  saat lelah bekerja bermain main dengan ikan kesayangan yang gesit dan menarik,
Ikan hias untuk aquarium air tawar banyak jenis dan warna apa lagi sekarang ikan hias semakin banyak jenis dan warna yang semakin cantik.
Hobi ikan hias bisa menjadi usaha sampingan sahabat di rumah,kalau mau usaha sahabat bisa membudidayakan ikan hias sendiri berternak ikan hias kali ini saya akan membahas ternak ikan louhan.

LANGKAH PERTAMA

Sahabat tentu nya harus menyiapkan aquarium yang ukuran 80x40 kenapa aquarium harus lebar karena mau buat ternak hehe slow ya,
Setelah menyiapkan aquarium kita siapkan filter dan saringan air,lampu LED,haeter untuk mengecek suhu air aerator.

LANGKAH KEDUA

setelah aquarium sudah siap kita isi air diamkan sampai dua hari supaya kondisi air netral jangan lupa nyalakan semua mesin perlengkapan aquarium.

LANGKAH KETIGA

Siapkan induk ikan louhan soal induk terserah kalian mau kawin silang dengan jenis apa bebas yang penting jantan dan betina,biasa saya induk ikan louhan cencu dan kamfa kita silang ambil warna dan jenong ya mutiara juga.
Pemilihan bibit induk harus yang bagus karena mempengaruhi hasil dari induk nya,kalau sahabat memilih indukan yang jos pasti hasilnya juga mantap kan.


LANGKAH KE EMPAT

Ikan yang mulai kita satukan dua hari sekali ganti dengan air isi ulang,dulu pernah saya menggunakan air biasa tapi sering gagal jadi ada cerita kawan datang biasa menggunakan air isi ulang kedua karena air di tempat saya kurang bagus kuning gitu air nya.



















LANGKA KE LIMA

Setelah ikan louhan bertelor perhatikan dengan baik induk memakan telor nya apa tidak nah kalau induk nya makan telor nya itu susah,gak bakalan jadi,
Kalau sudah bertelor kita tunggu sampai dua hari kemudian kita ambil induk nya.

Induk sudah kita ambil matikan mesin penyaringan filter ganti dengan aerator cukup oksigen aja tidak usah pake filter penyaringan.
Selama proses penetasan telor air harus kita ganti dan tunggu sekitar dua hari atau bisa lebih jentil jentil akan mulai kelihatan,

Biasa membutuhkan oksigen yang cukup besar setelah semua nya menetas berikan oksigen yang cukup untuk burayak ikan louhan.


Tunggu sekitar dua Minggu burayak ikan bisa di kasih pakan cacing sutra atau pelet yang buat semakin bagus,biasa saya menggunakan cacing sutra supaya cepet kelihatan besar burayak nya,


Kita tunggu sebulan burayak sudah kelihatan besar kalian bisa langsung mulai mengorder ke sahabat kalian atau onlain,lebih bagus menunggu sampai dua bulan biar bisa di sortir mana yang bagus dan yang jelek

Saat burayak sudah mulai besar sahabat jangan lupa sortir ikan louhan pisah satu satu ya biar gak berantem kalau masih burayak bisa di satuin tapi kalau sudah besar harus kita pisah.















Comments

Popular posts from this blog

Sahabat cinta yang tulus

Rambut panjangnya di biarkan terurai tertipu angin kencang di gunung condong pelangi,Arini duduk seorang diri bernostalgia dengan masa indah kemaren saat bersama Jupri dan sahabat sahabat nya. Penuh tawa dan canda kini kenangan indah hilang tertiup angin hanya bayangan kerinduan yang kian hari serasa menyayat hati pedih bagai luka di siram jeruk nipis itu lah perasaan Arini saat ini. Kesedihan rasa kehilangan jelas terlihat di raut wajah nya yang ayu,air mata kesedihan terus turun membasahi pipi berharap Jupi yang akan menghapus setiap air mata yang jatuh di pelupuk mata nya. Kenangan indah bersama Jupi terus menghantui setiap detik langkah nya,begitu banyak cerita yang telah terukir dalam kisah mereka. Tahun 2007 Somboooong pulang gak ngabarin aku teriak Jupi di telinga Arini "Kangeeen ya kangeeen ledek Arini tersenyum memandang jupi Kangen,gak ya kan aku udah punya TTM sekarang alias teman tapi mesra jawab Jupi cengar cengir ke arah Arini, Wajah Arini langsung masam seperti mang

Resep cemilan ubi jalar

Hai sahabat semua hari ini saya akan membuat cemilan sederhana,cemilan yang kita buat dari ubi. Ubi bisa kita tanam sendiri dari hasil kebun,karena ada banyak ubi kita bisa membuat aneka macam cemilan sederhana dari ubi. Cemilan ini sangat mudah dan gampang membuat nya,sahabat juga bisa membeli nya di pasar dengan harga yang murah. Ubi juga bisa menjadi bisnis kecil kecilan,yang menguntung kan sahabat semua harga murah buat jualan lumayan untung. Apa saja cemilan yang terbuat dari ubi,langsung saja ya ubi banyak manfaat untuk kita semua meski cemilan sederhana tapi sangat nikmat. KERIPIK UBI Sekarang kita mulai dari keripik ubi yang manis dan renyah sekali, BAHAN ubi 1 kg Minyak Gula 1/4 CARA BUAT NYA kupas ubi sampai bersih potong tipis tipis. Setelah kita potong tipis tipis cuci bersih, Siap kan minyak untuk menggoreng Panas kan minyak masukan potongan ubi tadi. Setelah matang dan kering campur kan gula agar sedikit manis

Cara menanam bambu cuing

Hallo sahabat blogger kali ini saya akan membahas cara budidaya bambu cuing,dari awal sampai akhir karena dari tahun ke tahun ternyata bambu cuing semakin di minati dan di budidayakan. Bambu cuing bisa menjadi penghasilkan yang sangat menggiurkan dan sangat menghasilkan, Bambu cuing/orang mengenal nya dengan gagang sapu untuk lantai yang biasa kita gunakan untuk mebersihkan rumah. Jika kalian ingin budidaya bambu cuing sangat menguntungkan untuk investasi masa depan kita. Karena menanam bambu cuing lima tahun kemudian kita akan memetik hasil dari budidaya bambu cuing.bukan sebulan dua bulan tapi bertahun tahun kita harus sabar merawatnya sampai benar benar menghasilkan. Petani bambu cuing sekarang banyak sekali,sekali kita tanam seumur hidup akan tumbuh dan terus tumbuh. Walapaun sudah di panen bambu vuing akan terus hidup dengan menyolorkan lagi.bambu cuing di cari pedagang dari luar kota besar bahan untuk exspor ke luar negri,bambu